Jumat, 30 November 2018

BUDGET & PERSIAPAN TRAVELING TO KOREA

💚KOREA I’AM COMING💚

Long time no see yaa 🙏 emang udah lama banget gw gak ngeblog lagi karena sekarang itu mager parah sih ya kalo hari kerja pas pulang kerja udah males gitu buat buka laptop, pas sampe rumah kalo weekend kadang pengen istirahat full kadang ada kegiatan lain , no excuse sih sebenernya cuman sekarang itu gw lagi fase males-males parahnya aja sekarang tapi please jangan di ikutin ya guysss…

Nah kesempatan kali ini ogut mau bahas pengalaman ogut liburan awal November kemaren ke negri ginseng yang udah lama banget gw pengenin akhirnya setelah persiapan dari satu tahun sebelumnya tepatnya Oktober 2018, November 2019 gw jadi berangkat jugaa oh senangnyaaaa :) 😍😍😍

Ketika kita liburan apalagi itu liburan ke-negara yang sangat kita idam-idamkan akan ada kepuasan tersendiri bagi kita ketika berhasil merealisasikannya, Alhamdulillahh yah dikasih kesehatan, kesempatan dan rejeki buat ngerealisasiinya itu merupakan anugrah yang diberikan oleh Allah SWt kepada kita, kita masih diberikan kesempatan buat ngirup udara secara  bebas bangun pagi dengan ceria itu semua wajib kita  syukuri disetiap kita mengawali hari- hari kita.

Oke untuk sesi sharing experience ini akan aku bagi jadi beberapa part, untuk part 1 akan bahas tentang persiapan yang wajib dipersiapkan seblum berangkat sama total anggaran yang udah gw habisin, untuk part2 selanjutnya ogut akan bahas masalah detail destination yang aku kunjungi disetiap harinya terus selanjutnya nanti gw akan bahas perbedaan habit orang Indonesia dengan orang korea secara special.

  • 💥PART 1 :

💟 PERSIAPAN WAJIB 💟

1. Cek Musim / Suhu Negara Tujuan

Kenapa ini perlu karena ini akan menentukan pakaian ataupun barang-barang yang harus dipersiapin biar kita gak overload bawa barang, jdi cukup yang dibutuhin aja sama biar kita gak salah costum juga sih hehehe

Kalo aku diawal November kmren masih termasuk Autumn/Gugur tapi udah mau masuk musim dingin juga jadi klo pagi suhunya 6 oC kalo malem bisa sampe 3 oC, jadi penting banget buat bawa Coat, Kaos kaki yang banyak, sarung tangan, sama Legging, tapi bawa Coatnya jangan yang ketebalan cukup buat menghangatkan aja yang bisa dipake siang ataopun malam

2.Tukar Rupiah dengan Mata Uang Setempat

Persiapannya kalian bisa survey day by day dengan telpon ke tempat money changer terdekat dri rumah kalian ataupun cek google tiap hari tapi biasanya rate money changer lebih tinggi 10 - 15%  dari rate google jadi lebih enak lgsg telpon ke money changer terdekat. 

Setelah dapet tempat & rate yang pas kalian wajib banget nuker lebih dri jumlah uang perkiraan kebutuhan karena apa, kalo kalian narik via atm atau nuker di Negara tujuan ratenya bakalan lebih mahal, seperti kasus gw kmren klo di Indonesia rate 1 won = 13,8 pas disana ratenya bisa 14,4 selisih hampir 13% belum lagi setiap penarikan 100.000 won bakalan kena charge sebesar Rp 20.000 jadi lebih baik bawa persiapan uang won yang lebih dari kebutuhan kalo ada sisa pas nyampe Indonesia bisa dituker balik lagi. Untuk rate money changer terbaik didaerah blok m dan sekitranya itu ada di blok M plaza Namanya “ Tri Tunggal Money Changer” ratenya kalo beli lebih murah dari pada money changer yang lain di sekitarnya.

3. Bawa LipsBalm

Cuaca di korea kalo lagi musim gugur akhir, semi apalagi musim dingin cuacanya bisa dingin parah terus kita jarang minum juga kan itu bisa bikin kulit kering banget apalagi bibir klian bisa pecah-pecah, so perisapin bawa lipbalm dari indo, kalo beli disana kita gak tau kan kandungannya kayak gimana jadi lebih aman bawa dari indo aja.

4. Bawa Sepatu KETS AJA!!!

Kalo lagi liburan kan kita bakalan lebih banyak jalan kaki, dan juga udara korea cukup dingin jadi bakalan lebih nyaman klo kita pake sepatu kets dan mayoritas orang-orang korea juga pake kets dari pada Flatshoes, dan jangan pernah buat make sepatu yang ada hak nya, sekalipun cuman 3 Cm  bakalan pegel setengah mati.
  
5. Info Jenis COLOKAN /STOP KONTAK Negara Tujuan

Bakalan lebih saving kalo beli di Indo dri pada di Negara tujuan
Kalo korea mereka make colokan yang sama kayak di Indonesia tipe F ataupun C yang punya dua lubang dan bentuknya bulet kalo Negara singapura ataupun Malaysia mereka menggunakan colokan tipe G yang punya tiga lubang dan bebentuk persegi panjang klo beli disana biasanya seharga 10 RM atau Rp 38.000 tergantung rate, kalo di indo bisa dapet Rp 25.000 atau kurang.

6. ABSOLUTELY GUDGET & PAKET DATA

Gudget HP dan Kamera tentu item yang gak bakalann ketinggalan buat dibawa karena itu yang penting buat take moment & recording aktivitas klian slama disana, BETULLL ? dan jangan lupa sebelum  berangkat semua TOOLS harus di charge penuh.

Untuk paket data dari pada beli kartu setempat ataupun sewa WIFI menurut gw sih bakalan lebih murah kalo kalian beli Paket Raoming aja, bagi pengguna TELKOMSEL sih bisa beli di Telkomsel.com lumayan murah buat 7 hari cuman RP 250.000 kalo beli kartu sana bisa seharga RP 350.000 untuk 7 hari. Untuk jenis provider yang lain aku kurang tau yah tapi setau aku untuk paket Data XL katanya sekarang udah bisa dipake di Korea juga, jadi kalo kalian punya paket data biasa kalian pake di Indonesia bisa dipake di korea Juga , pernah denger sih gtu tapi perlu dikonfirmasi lagi aja yah.

7. Tissue Basah

This is just little thing but important for me exactly, kenapa kalian harus bawa tissue basah ???
untuk yang udah pernah ke korea mungkin sudah tahu akan hal ini, ini karenaaaaa......................
SEMUA TOILET (S.E.M.U.A) Wherever !!! yang ada di korea gak ada semprotan ceboknya, alias gak pake airrr even semprotan pipa kecil di belakang pun gak ada, cuman disediakan tissue kering, tipe toiletnya sama kayak tipe yang ada di singapura kalo kalian BAB that is Big Problem, Right ? moreover you are moslem you need cleaning all of your poop clearly, so that why you need to bring your wet tissue wherever you gone, ABSOLUTELY !!

  • 💥PART 2

💟 BUDGET 💟

Untuk budgeting akan gw jelasin secara general aja, kebetulan kali ini gw sama teman gw liburannya barengan sama group trip / travel organizer Namanya @ngetriv bisa dicari di Instagram atau “ranseltravel.com“ nama blognya jadi untuk rincian penginapan, akomodasi transport dll gw kurang tahu rinciannya berapa karena gw bayar all in exclude visa, makan sama belanja.
berikut rincian dana yang ogut keluarin selama liburan kemarin :

Total Anggaran

Sebenarnya untuk pengeluaran disini relative yah tergantung kalian mau bawa uang cash sebanyak apa, dan tergantung kalian berangkat sendiri atau ikut travel organizer, kalo misalkan berangkat sendiri dan gak menggunakan travel bisa lebih murah dari itu ya mungkin untuk 6 hari bisa cukup 12 juta untuk all in. tapi kalo kalian punya banyak titipan dari teman usahakan bawa won yang lebih apalagi kalo mau buka JASTIP hehehe 

Ketika kita memilih untuk liburan ikut travel atau mandiri ada beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangannya masing2 dari sepengalam gw diantaranya :


adapun beberapa kekurangannya masing-masing berikut ini 



Sekian yang bisa gw share ke kalian semuanya, semoga bermanfaat 💙💙💙

see u on my next post 👌👌👌





1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus