Selasa, 16 Agustus 2016

BACKPACKER GOES TO SINGAPORE

Part 1 # CHANGI EDITION /ARRIVAL.

Banyak jalan Menuju Roma” Itulah istilah yang sering kita dengan ketika kita memiliki cara lain untuk mewujudkan impian kita, yups benar sekali, kita tidak hanya terpaku pada suatu pemikiran yang membuat langkah kita enyah untuk mewujudkan impian kita, begitu juga impian untuk mengelilingi dunia kita bisa melakukannya dengan cara backpacker, Cukup dengan uang yang kita miliki asalkan melakukan perencanaan yang tepat dan antusias cari yang promo heheeh

Persiapan Saya ketika Akan melancong ke Singapura adalah berburu tiket Promo.
Tiket Promo banyak sekali ditawarkan oleh maskapai LCC (Lowt Cost Carrier) seperti Air Asia, Lion Air and Jetstar, dan diantara ketiga armada Tersebut yang paling menawarkan harga paling terjangkau adalah JETSAR dengan Harga 632.000 PP nama promonya Fare Frenzy !!!!!!! Gokil Abisss kan heheheh

-> è Oke Hari 1 tiba di Changi Airport ( Jam 12.30 am/ August, 05 2016)

Basecamp Pesawat JETSTAR ad di etrminal 1 Changi Untuk ngambil bagasi maka kita harus turun satu lantai ke bawah selantai dengan bagian Imigrasi, setelah ngambil bagasi maka kita harus ngelewatin bagian imigrasi oh ya jangan lupas pas waktu di pesawat ditawari Imigration Card git bagi para wisatawan jadi lebih baik ngambil aja dan isi formnya secara lengkap ( Simpen dengan Baik Jangan DIBUANG!!!!!!! ) sehingga nanti pas di bagian imigrasi bandara kita gak perlu nunggu lama tinggal ngasih form yg tdi diisi and pass. Dan ingat sobekan yang dikasih sama bagian imigrasi juga jangan dibuang karna nanti akan ditanyain juga di bagian imigrasi pas saat kita pulang. So SAVE IT = SAVE YOUR SELF HEHHEHEHHEH.

Waktu menunjukan Pukul 01.00 am kita memutuskan untuk istirahat dan bermalaman di changi karena jadwal check in kita bru jam 02.00 PM nanti, istirahat di changi airport tidak usah khawatir karna ada banyak sekali kursi yang bisa buat tiduran terutama oleh para bacpaker, kursi tersebut ada dilantai 2 Bagian luar, jadi kalo pengen menginap di bandara lebih baik dibagian luar jangan di dalam, walaupun tempatnya diluar tapi sebenarnya gak di luar seperti yang dibayangkan masih dalam ruangan cuman kita harus keluar dari pintu kedatanga disini pun kita bisa explor lebih banyak tempat seperti tempat makan di lantai atasnya dll (* JAM SGTU MAH PADA TUTUP SMUA TAPI HEHEHEHE), sembari istirahat kita juga membersihkan muka ke kamar mandi sembari mengisi TUMBLER Kosong yang telah siap sedia bawa dari rumah heheheh biar hemat.

Selama berada di changi kita memutuskan untuk tidur sejenak sebelum berangkat jam 08.00 am dan kami memilih kursi Double yang bisa buat tidur bareng sama temen biar gak kepisah, tapi nth kenapa udah berapa jam berlalu mata tetap aja gak bisa terpejam hanya bisa balik kanan dan balik kiri hingga waktu menunujukan pukul 4 maka saya memutuskan untuk kekamar mandi cuci muka dan gosok gigi, (Toilet di changi super Bersih n Super lengkap) waktu saya balik ke kusi seman saya udh bangun dan kemudian kami memutuskan untuk Mencharger HP kami sembari menunggu subuh ( WAKTU DI SINGAPUR + 1 JAM DARI WAKTU INDONESIA) hingga pukul 05.30 am kami memutuskan untuk sholat dan bertanya kepada petugas bandara di mana ada MOSQUE terus masnya bilang ada di terminal 2, MRT sttaion juga ada di TERMINAL 2 jadi saya dan teman meutuskan untuk langsung ksana untuk sholat subuh + mnuju MRT, karena kita sudah berada di lantai 2 terminal 1 dan SKYTRAIN juga gak jauh dari tempat kita tidur, jadi kita cukup jalan ke SKYTRAIN menuju ke terminal 2. Sesampe di terminal 2 kita keliling mencari musholla namun tak kunjung ketemu juga yg katanya ada di basment tapi ntah dimana pastinya sampe skg gak ktmu juga hehehhe, hingga akhirnya kita memutuskan untuk wudhu di toilet basement dan sholat di ruangan lengah basement ( Depannya Lift karyawan BASEment) hehehehh, tapi oke kok untung subuh cuman 2 rakaat ya, dan masih pagi jadi suasananya masih sepi juga jadi bisalah. Hehehe

Setelah selesai sholat kita naik lift yg ada di depan kita walaupun itu sebenarnya lift khusus pramugari/ra gtu tapi lagi2 karna msih pagi juga dan kaki udh gak kuat jalan akhirnya melanconglah kita kelantai atas dengan lift itu. Sesampe di lantai 1 mata gw baru berasa ngantuknya, dan temen gw bilang tidur aja di kursi tapi kursi di terminal 2 gak seenak di terminal 1 dan gw gak bisa tidur, dan di depan kami ada kursi dan meja Starbuck yg menggoda untuk bisa tidur disana, akhirnya gw pun tidur dudukan disitu dan temen gw beli minuman sama roti di starbuck untuk ngeganjel perutnya dan gw pun tidur tapi masih ½ sadar sekitar sejaman.

Udah hampir jam 08.00 am suasana di changi udah mulai ramai dan akhirnya kami memutuskan untuk menuju counter MRT ststion untuk membeli kartu EZ LINK kami, dri posisi kami dri STARBUCK MRT station berada satu lantai di bawah kami, kami cukup jalan lurus dari StARBUCK hingga akhirnya ada elevator yg turun kebawah menuju MRT station cukup mudah utk menemukannya cukup belok ke kiri dari elevator dan ketemu.

Counter belum dibuka namun para wisatawan udah antusias di antrian barisan menunggu counter untuk buka, kami pun melihat-lihat di sekitar masih bingung mau belikartu STP atau EZ LINK kah , tapi kalau STP ( SINGAPORE TOURIST PASS) bisa di pake Ulimited sampe jam 24.00 namun pilihannya terbatas cuman bisa 1, 2 atau 3 hari maximum, sementara kami disini sampe 4 hari jadi mikirnya gak ekonomis kalo udh beli STP tapi nanti harus beli EZ LINK lagi atau kartu Standar lagi, dan juga sewaktu mau beli tiket mbak counternya bakalan nanyain “ are you wanna going to USS or no “ if u wanna go there if u buy STP u can’t use that u need pay more for it, buat if u buy EZ LINK u can use it.

Variance list price STP CARd u can see below  :
1 day = $ 10,
2 day = $16,
3 day =$20
harga diatas (belum termasuk deposit $10) so u need pay more $10 from above basic price.

namun deposit $10 tersebut akan dikembalikan jika kita mengembalikan kartu STP kita ke counter dalam range 5 hari.

Below is Example of EZ LINKN card
                                                                    contoh EZlink card

Dan akhirnya kami memutuskan untuk membeli EZ LINK card Seharga 12 dolar, $5 harga kartu dan $7 isi kartu, dan ternyata saudara pilihan kita salah besar telah memilih membeli kart EZ LINK pasalnya karna kia benar2 explor singapura jadi sering banget TOP UP kartu dimana minimla utk sekali top up harus $10 dolar dan kalo dihitung-hitung 2 kali top Up = $20 + beli awal $12 dolar totally $32 dolar sedangkan kalo kita beli STP selama 3 hari cuman $30 ( ada depositnya $10 lagi ) salah perhitungan dan jangan khawatir jika anda lebih dari 3 hari di singapur maka sisanya anda bisa membeli kartu STANDAR MRT yang harganya sesuai dengan jarak tempuh MRT anda (jika hari2 terakhir anda jadwalnya tidak terlalu padat dan hanya sesekali menggunakan MRT) pilihan ini dapat di coba. Namun jika itinerary perjalanan anda msih cukup banyak n frekuensi menggunakan MRT lebih sering maka pilihan menggunakan EZ LINK akan lebih baik karna kartu STP hanya cukup utk 3 hari.